Ulasan Game XCOM 2Di antara perbedaan XCOM adalah bahwa ini adalah permainan yang sulit, sehingga konsep sekuelnya cukup brilian: pertama kali, Anda kalah. Judul strategi Firaxis 2012 adalah remake dari film asli tahun 1994, UFO: Enemy Unknown, yang menampilkan Anda sebagai komandan yang bertanggung jawab untuk menanggapi invasi alien ke Bumi, membangun organisasi eponymous, menanggapi serangan di seluruh dunia, dan memburu basis operasi alien.

Ulasan Game XCOM 2

jpgame – Kemungkinan jika Anda memainkannya, Anda juga gagal menyelamatkan umat manusia. Dan di sinilah XCOM 2 dimulai. Game ini untuk PC

Cerita

Dua puluh tahun telah berlalu sejak peristiwa permainan aslinya, dengan Bumi sekarang diperintah oleh kediktatoran alien-manusia yang dikenal sebagai Advent. Ini adalah distopia yang bersih dan terorganisir, dengan orang-orang berbaris secara efisien melalui pemindai senjata dan dikirim untuk setiap pelanggaran yang nyata atau dirasakan oleh pasukan Advent. Jenis musuh pokok ini, meskipun berpenampilan humanoid, adalah hibrida genetik yang tidak suci dan hanya puncak gunung es yang akhirnya akan Anda temukan.

Tutorial menetapkan XCOM baru ini sebagai kelompok pemberontak sampah, ditinggalkan oleh sebagian besar sekutu lamanya (yang telah mendaftar dengan penguasa asing) dan kurang kepemimpinan. Selamat datang kembali, komandan. Skenarionya langsung cocok dengan cara kerja campuran strategi berbasis giliran dan pembangunan pangkalan XCOM 2 dalam gim aslinya, Anda tampaknya memiliki dukungan setiap negara di Bumi, tetapi masih bisa kehabisan dokter atau ilmuwan atau tentara. Di sini batasannya seketat sebelumnya, tetapi ketika Anda mencari-cari setiap hari hanya untuk menemukan persediaan dan tidak terlihat, seluruh pengaturan jauh lebih masuk akal.

Baca Juga : Ulasan Game Strategi: Fire Emblem Heroes

Gameplay

XCOM 2 terbagi antara misi di lapangan, di mana Anda mengontrol sekelompok tentara (awalnya empat, segera enam) dan melawan alien/menyelamatkan warga sipil/mencuri teknologi, dan basis XCOM itu sendiri. Yang terakhir adalah produksi yang sangat mewah dari apa yang pada dasarnya adalah tampilan 2D dari gundukan semut, yang memperbesar dan memperkecil ruangan saat Anda mengkliknya. Ada efek berkilauan ketika Anda memasuki ruang peta, di mana bola dunia 3D bergerak menuju layar dan pecah menjadi partikel-partikel penyusunnya saat itu, pemandangan yang begitu indah sehingga Anda hanya ingin menempelkannya berulang-ulang dengan album Pink Floyd.

Mengelola pangkalan adalah masalah memilih prioritas ada sejumlah ruang khusus yang mencakup penelitian sains, produksi senjata, dan sebagainya, tetapi masing-masing hanya dapat bekerja pada satu proyek dan Anda akan selalu memiliki daftar besar. Itu membuat setiap keputusan menjadi penting, dan datang untuk mendefinisikan taktik Anda dalam arti yang lebih luas. Jika Anda hanya memacu pohon teknologi senjata dan baju besi secepat mungkin, Anda akan mengabaikan buff lunak untuk efisiensi dan kemampuan pangkalan yang mungkin memiliki hasil lebih besar dalam jangka panjang.

Sisi XCOM 2 ini sangat mudah, kasus membuat pilihan strategis daripada benar-benar menjalankan basis, tetapi kelangkaan sumber daya dan dampak keputusan Anda memberikan pengaruh besar terhadap kampanye. Persediaan dan personel benar-benar berharga, dan membuat panggilan yang buruk seperti mengatur ilmuwan Anda untuk bekerja selama 14 hari dengan senjata magnet, ketika Anda memiliki proyek lain yang akan membuahkan hasil lebih cepat dapatkah Anda meninggalkan operasi Anda dengan perasaan miring selama berminggu-minggu. Banyak game yang menggabungkan meta-struktur bangunan dasar secara diam-diam memiliki jaring pengaman, yang berarti bahwa pangkalan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu terlepas dari keterlibatan Anda dan sulit untuk mengacaukannya. Tidak disini. Salah urus basis Anda di XCOM 2 dan itu akan turun secara bertahap dan runtuh.

Tidak ada tempat yang lebih jelas dari pada tentara Anda. Pasukan XCOM masing-masing adalah kepribadian yang dihasilkan secara acak dengan nama dan penampilan mereka sendiri, dan mereka memang komoditas yang berharga. Nama dan penampilan mereka dapat diedit, sentuhan penting, karena dalam beberapa misi, pasukan Anda akan naik level ke berbagai kelas (penembak jitu, pramuka, dll) dan menjadi operator yang jauh lebih efisien mental lebih kuat, lebih sehat, tembakan lebih baik, dan berbagai kemampuan. Misi memiliki tepi risiko yang otentik di sini, karena tentu saja Anda terikat dengan tentara mainan ini, tetapi jika seseorang meninggal, mereka mati dan semua investasi waktu dan sumber daya itu ikut bersama mereka.

Pada kampanye pertama saya, kali ini untuk pahlawan, saya memutuskan untuk mencoba dan merebut kembali Bumi dengan kandidat presiden AS saat ini. Tentunya Trump dan Sanders akan mengesampingkan pertengkaran kecil demi kebaikan umat manusia? Puncak dari tim berumur pendek ini adalah kematian Hillary Clinton dan luka parah Donald Trump selama misi, hanya karena untuk beberapa alasan Ted Cruz berhenti panik dan berubah menjadi Rambo. Dihadapkan dengan kekalahan yang hampir pasti, Cruz melanjutkan untuk benar-benar menghancurkan pasukan alien dengan banyak kritik dan kembali ke pangkalan sebagai prajurit yang memberikan kerusakan paling besar, membuat lebih banyak serangan (statistik akhir misi sangat bagus) dan membawa pulang jarahan. Hari yang baik untuk kue buah.

Namun, tim itu berumur pendek, karena dalam misi berikutnya saya memperpanjang pahlawan konservatif kita. Ketika Cruz terluka, Bernie Sanders dikendalikan oleh alien Sectoid dan menembaknya dari belakang. Trump berada di rumah sakit, tetapi pengganti Marco Rubio panik dan lari ke perlindungan. Sanders yang dikendalikan pikiran segera dibantai oleh alien di belokan berikutnya, yang membuat Ben Carson juga panik. Saya tidak pernah mendapatkan kembali kendali: Rubio dan Carson, bermata putih dan gemetar, bersembunyi di sudut-sudut kecil mereka sendiri saat alien maju, dan tidak pernah pulang.

Benang konsekuensi ini berjalan melalui setiap bagian dari XCOM 2, dan itulah sebabnya ini adalah permainan strategi yang bermanfaat. Misi dilihat dari perspektif isometrik dan berlangsung bergantian Anda memindahkan semua pasukan Anda, lalu alien bergerak. Prinsip dasarnya adalah bahwa ada kabut perang jadi Anda tidak dapat “melihat” musuh kecuali salah satu pasukan Anda dapat melihatnya, dan sebaliknya dan pertempuran harus dilakukan untuk berlindung/mengepung. Positioning dan informasi adalah segalanya.

XCOM 2 adalah permainan strategi yang serius, bahkan pada tingkat kesulitan normal. AI jarang membuat gerakan bodoh, dan akan menanggapi kesalahan Anda dengan efisiensi yang sangat brutal. Kesalahan saya yang paling umum dalam beberapa jam pertama adalah maju terlalu jauh ke depan dengan satu polisi, melihat sekelompok musuh, dan melihat perintis dibantai dengan rekan-rekan mereka terlalu jauh untuk membantu. Ini adalah bagian penting dari cara kerja XCOM 2 biarkan pasukan Anda terisolasi satu sama lain, atau biarkan sayap terbuka, dan Anda akan dihukum.

Ini tidak berarti bahwa satu kesalahan membuat Anda kehilangan misi, tetapi satu penjahat yang mengapit tim Anda bisa menjadi awal dari spiral ke bawah yang besar. Itu mungkin mendapatkan tembakan yang bagus dan membunuh salah satu tentara Anda secara instan (serangan mengapit memiliki persentase hit dan kritis yang lebih tinggi), itu mungkin membuat mereka stun, mungkin hanya mendapat pukulan yang keras, atau mungkin disiapkan untuk giliran berikutnya. Seluruh tim Anda harus berputar untuk menghadapi ancaman langsung ini, dan kemudian AI akan memanfaatkan sepenuhnya tekanan dari sudut lain.

Kekejaman semacam ini sangat berharga dalam permainan strategi, karena ketika Anda memiliki prajurit yang lemah, secara naluriah dipahami bahwa AI akan mengeluarkannya jika diberi setengah kesempatan. Itu membuat taktik Anda jauh lebih responsif dan memaksa keputusan besar yang sering tidak ingin Anda buat dan bahkan lebih dari itu, misi XCOM 2 memiliki momentum maju yang seringkali tidak dimiliki oleh aslinya.

Inti dari strategi XCOM adalah “overwatch”, yaitu ketika Anda menggunakan giliran seorang prajurit untuk menempatkan mereka dalam mode waspada jika musuh melewati garis pandang mereka, prajurit itu akan melepaskan tembakan. Dalam permainan semua tentang berpindah dari sampul ke sampul utilitas jelas, tetapi itu juga berarti Anda dapat mengandalkan terlalu banyak dan berakhir di kebuntuan (alien juga dapat menggunakan overwatch.) XCOM 2 membuat ini tidak mungkin dengan memberikan sebagian besar misi batas belokan yang ketat Anda harus mengambil VIP dan membuatnya ke zona ekstraksi dalam 12 putaran, misalnya, atau melucuti bom atau menghentikan transfer data.

Yang asli memiliki misi dengan batas belokan, tetapi di sini mereka jauh lebih umum dan ini adalah perubahan jahat pada cara kerja (serta sesuai dengan tema gerilya.) Kesulitan XCOM 2 dan konsekuensi ekstrem menggoda Anda untuk strategi defensif , pola pikir kura-kura, tetapi batasan misi menuntut semacam momentum ke depan. Ini terus-menerus mendorong pemain keluar dari zona nyaman mereka, mendorong permainan yang berani, dan menandai peralihan khas dari bagaimana misi aslinya dimainkan dan itu semua menjadi lebih baik.

XCOM 2 ditentukan oleh pilihan desain cerdas seperti ini, mengambil apa yang sudah menjadi formula hebat dan merampingkan atau menambahkannya dengan cara yang masuk akal. Banyak misi sekarang dimulai dengan grup Anda disembunyikan, yang berarti Anda dapat bergerak ke atas dan mengepung pasukan musuh sebelum bergerak memungkinkan Anda memulai misi dengan keras, atau dalam beberapa kasus bahkan menghindari pertemuan awal sama sekali. Jam kiamat segera diperkenalkan, memberikan urgensi pembangunan pangkalan yang sama seperti yang dimiliki misi terbatas giliran. Sumber dayanya bahkan lebih ketat, dan masih banyak lagi yang harus dilakukan. Ini semua menambah intensitas permainan strategi yang sangat sedikit yang pernah dicapai.

Baca Juga : Pacific Drive: Game Subgenre Road Trip Yang Lebih Gelap

Kekurangan ada di game ini

Satu-satunya kegagalan utama di sini adalah masalah teknis, yaitu ketidakmampuan gim untuk menangani bangunan multi-level. Ini penting, karena struktur ini ditemukan di hampir setiap misi dan pengalaman menavigasinya selalu mengerikan. Tentu tidak mudah untuk membuat bangunan 3D dilihat dari sudut isometrik top-down, yang menunjukkan lantai yang berbeda dengan membuat yang lain transparan. Tetapi solusi lompat kursor XCOM 2 hanya membuat frustrasi, sejauh ini mungkin akan menjadi permainan yang lebih baik jika tidak memiliki bangunan bertingkat sama sekali. Dalam paket yang dipoles dan dirancang dengan indah, sangat menjengkelkan bahwa salah satu dari beberapa kekurangan begitu sentral dan terus-menerus.

Pendapat kami tentang game ini

XCOM 2 adalah contoh sempurna tentang bagaimana iterasi harus bekerja untuk game: dibutuhkan orisinal yang bagus, memperbaiki dan merampingkan masalah, dan menggandakan di area yang tidak terduga. Di antara pencapaian terbesarnya adalah menambahkan rasa kecepatan pada keseluruhan kampanye dan pertempuran dari waktu ke waktu. Ini adalah pembalikan dari prinsip-prinsip asli yang bisa saja salah tetapi sebaliknya adalah pembuatan pengalaman. Sangat mudah untuk bosan dengan studio besar seperti Firaxis yang bekerja dengan merek seperti XCOM, karena ini akan selalu menjadi game yang bagus dan penjual yang besar. Tetapi XCOM 2 memberikan over-deliver di hampir setiap area, dan lebih dari itu memiliki kepercayaan pada para pemainnya ia menekan dan mendesak dan meminta lebih banyak dari Anda daripada sebelumnya. Dalam permainan yang dibangun di sekitar konsekuensi, ini berarti kekalahan adalah rasa yang biasa, tetapi ketika kemenangan tiba, itu tidak pernah terasa lebih manis.

By admin