Ulasan Civilization 6 – Civilization 6 adalah permainan papan digital terbaik. Lebih dari sebelumnya dalam seri ini, papan—dunia—adalah jiwa dari setiap peluang dan tantangan. Seperti biasa untuk Civ, saya membangun kerajaan, bersaing untuk satu set kondisi kemenangan, dan menangkis pemimpin penghasut perang seperti bajingan Peter the Great. Tapi saya juga bermain untuk, dengan, dan melawan papan.

Ulasan Civilization 6

jpgame – Hutan dan gurun pasir dan tundra yang kaya sumber daya masing-masing memengaruhi aliran peradaban saya, memberi kita anugerah dan membebani kita dengan kelemahan abadi. Kelompok barbar menempatkan pertanian saya dalam krisis, tetapi juga membuka peluang untuk mempercepat pengembangan teknologi militer saya. Dinamika agung dan menantang yang muncul dari peta Civ 6 yang didesain ulang membuat saya tidak ragu bahwa seri bertingkat telah menobatkan raja baru.

Sementara Civ 6 mungkin merupakan langkah maju yang paling transformatif untuk seri ini, perubahannya seharusnya tidak terlalu membebani pemain lama. Pasti ada kurva belajar untuk diatasi, tetapi banyak dari apa yang Anda butuhkan untuk menjadi pemenang tidak diperlukan saat Anda mulai menjelajah. Anda masih menyelesaikan kota, mengembangkan ubin, melatih unit militer, melakukan perang berbasis giliran, dan melakukan diplomasi. Itu mencerminkan ingatan saya tentang Civs masa lalu dengan cukup dekat sehingga hanya petunjuk dari penasihat dalam game yang saya butuhkan untuk mengoreksi ketika sesuatu yang belum pernah saya lihat sebelumnya menghampiri saya.

Baca Juga : Review Game Slot: Absolute Super Reels

Tetapi ada begitu banyak fitur baru ini yang terkadang terasa luar biasa. Kedalaman dan variasi sistem menyerupai permainan Civ yang sudah memiliki dua atau tiga ekspansi yang ditambahkan di atas — dari Distrik baru yang melakukan tugas tertentu dan menyebarkan kota saya menjadi hamparan yang sering berantakan tetapi entah bagaimana menyenangkan, hingga ‘teknologi’ yang terpisah secara keseluruhan pohon untuk kemajuan sipil dan budaya yang mengikat menjadi semacam permainan kartu tertagih untuk mencampur bonus kebijakan untuk membangun pemerintahan yang unik. Kekayaan fitur mencegah masalah umum dengan permainan strategi pada hari pertama di mana saya merasa saya sedang dijual platform di mana permainan yang hebat pada akhirnya akan dibangun. Tapi saya juga khawatir bahwa Firaxis mungkin telah berlayar sedikit di luar perairan tenang aksesibilitas untuk lebih banyak penggemar strategi kasual, dan setiap ekspansi yang menambahkan fitur utama atau sistem baru dapat meningkatkan penghalang bagi pendatang baru.

Realitas Heksistensial

Namun, yang menyatukan semuanya adalah peta. Saya memiliki keraguan tentang gaya seni — saya lebih suka pseudo-realisme Civ 5, dan beberapa unit militer Civ 6 khususnya terlihat cukup konyol untuk keluar dari game seluler freemium. Tapi peta itu sendiri, dan kota-kotanya, tambang besi, dan alun-alun festival, lebih hidup dari sebelumnya. Saya senang, misalnya, menemukan bahwa saya benar-benar tidak perlu menarik overlay untuk melihat ubin mana yang sedang dikerjakan, karena model dan animasi melakukan pekerjaan itu untuk saya secara sekilas.

Ladang-ladang yang tidak dikerjakan menjadi tandus, dan saya bisa tahu berapa banyak slot warga di distrik komersial saya yang diambil oleh tingkat hiruk pikuk yang memenuhi jalan-jalannya. Ini adalah cara yang cukup brilian untuk membuat Anda tetap asyik dan fokus pada apa yang penting. Pohon teknologi dan layar interaksi pemimpin adalah satu-satunya bagian dari UI yang menyembunyikan kota-kota saya yang menjulang dari pandangan saya. Yang terakhir dari keduanya melibatkan representasi 3D animasi penuh dari semua orang dari Montezuma hingga si brengsek Peter the Great yang menganggap kumisnya dan bonus sainsnya dari ubin tundra sangat keren, meskipun tidak dan saya memiliki pembom dalam jangkauan dari kota terbesar kedua sejak Zaman Atom, siap menghapus seringai bodoh dari wajahnya. Mereka semua berakting dengan sangat baik, dengan kembalinya dialog bahasa asli dari Civ 5.

Menghabiskan banyak waktu menatap bukit, lembah, dan lokasi piramida potensial tidak hanya menyenangkan dan informatif. Sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari permainan. Jenis medan dan ubin selalu menjadi faktor di Civ, tetapi mereka berada di jantung hampir semua hal di Civ 6. Dengan distrik dan keajaiban masing-masing mengambil seluruh ubin, dan menjadi alat paling kuat saya harus melontarkan diri menuju kemenangan , perencanaan kota menjadi fokus utama setiap langkah saya. Ketika saya membuka kunci kemampuan untuk membangun Situs Suci, saya harus bertanya pada diri sendiri apakah saya ingin meletakkannya di tengah-tengah semua bukit berhutan itu untuk mendapatkan keyakinan bonus dari kemegahan alam yang berdekatan. Jika saya melakukannya, saya akan kehilangan kesempatan untuk menebangi semua pohon di kemudian hari, merobohkan distrik industri yang dikelilingi oleh tambang, dan menikmati peningkatan besar pada produksi saya.

Jika Anda Membangunnya… (mungkin itu salah)

Tidak pernah ada waktu di mana saya merasa dapat mengisi setiap ubin di sekitar saya dengan distrik atau peningkatan yang paling jelas ‘benar’ dan menyebutnya sehari. Kebutuhan akan pandangan ke depan tidak ada habisnya. Selalu ada pengorbanan yang harus dilakukan, seperti ketika saya tertinggal dalam budaya karena satu-satunya ubin yang memenuhi syarat untuk lapangan teater adalah ubin yang saya tabung untuk membangun situs peluncuran roket untuk meraih kemenangan sains. Ini adalah cara yang fantastis dan disadari untuk memaksakan keputusan sulit di setiap tikungan di sungai dan memastikan tidak ada dua kota yang Anda bangun yang akan terlihat atau terasa sama. Rasanya seperti wahyu bagi seseorang yang telah memainkan game 4X sejak sebelum saya bisa melihat melalui dasbor mobil. Perencanaan dan pertukaran yang konstan tampak seperti bagaimana seri ini seharusnya selalu bekerja, dan mereka menyuntikkan lapisan variasi yang membuat daya tarik “Hanya satu putaran lagi …” bahkan lebih kuat dari sebelumnya.

Ada tingkat coba-coba dalam hal ini yang menyebabkan saya frustrasi dalam beberapa balapan pertama saya ke zaman luar angkasa. Ketika semuanya segar dan baru, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda sedang membangun kampus universitas di tempat yang seharusnya Anda tunggu untuk membangun lingkungan beberapa abad kemudian. Satu permainan sipil akhir (setara budaya dengan teknologi) membuka kemampuan untuk membangun Taman Nasional, memberikan dorongan besar pada budaya — tetapi kecuali Anda telah merencanakan ke mana ia akan pergi dari 4000 SM, kemungkinan Anda sudah menghancurkan semua sifat murni yang diperlukan untuk mengaturnya.

Saya mendambakan semacam utilitas perencanaan kota, di mana saya bisa meniru ke mana semuanya akan pergi setelah saya membuka kunci semua distrik dan peningkatan, terutama mengingat beberapa dari mereka mendapatkan bonus kedekatan karena bersebelahan sebagai lawan spesifik fitur medan. Jika Anda suka bermain secara efisien, ketahuilah bahwa Anda akan menampar diri sendiri bahwa Anda membuang monumen serampangan menjadi biasa-biasa saja sampai Anda memiliki beberapa kampanye di bawah ikat pinggang dan memahami ke mana harus pergi atau menciptakan ruang yang ideal untuk sesuatu. penting—dan miliki kesabaran untuk melakukannya.

Dunia inspirasi

Cara lain peta menjadi bagian yang jauh lebih penting dari Civ 6 adalah bagaimana peta itu terkait dengan pohon teknologi dan kewarganegaraan. Setiap teknologi dan sipil memiliki tujuan mini terkait yang akan memicu momen “Eureka” dan membayar setengah biaya dengan segera. Mendirikan kota di sebelah ubin laut mempercepat kemajuan saya menuju Berlayar. Membangun tiga distrik industri dengan pabrik-pabrik membuat saya maju dalam upaya saya untuk merangkul komunisme (Viva la Economic Policy Slots!) Ini sering dikaitkan dengan memiliki ruang untuk distrik tertentu, akses ke sumber daya tertentu, atau kontak dengan peradaban lain. Di mana saya muncul di setiap peta memiliki efek signifikan pada teknologi mana yang bisa saya dapatkan dengan cepat, dan dengan demikian mana yang cenderung saya pilih terlebih dahulu. Ini juga sangat membantu meringankan perasaan menghabiskan beberapa belokan menunggu bangunan atau unit selesai, karena saya selalu bisa mengejar tujuan Eureka untuk teknologi yang saya perhatikan.

Ini tidak semua roda yang diciptakan kembali. Pokok-pokok perang dan diplomasi Civ telah kembali dikenali, tetapi diasah ke tepi paling tajam yang pernah kita lihat pada mereka. Saya sangat menikmati cara para pemimpin AI sekarang diberi agenda (satu publik, dan agenda yang harus diungkap melalui spionase, membangun hubungan positif, atau mengamati konteks) yang secara terbuka memberi tahu Anda apa yang mereka suka dan tidak suka, dan membuatnya secara teoritis mungkin untuk tetap berada di sisi baik semua orang sepanjang permainan jika Anda bersedia melewati banyak rintangan. Frederick Barbarossa dari Jerman, misalnya, ingin membunuh semua negara kota dan membenci siapa pun yang membiarkan mereka meminjam secangkir gula. Jika Anda ingin berlari sangat pasifis, Anda dapat membiarkan agenda itu memandu permainan Anda (mengabaikan negara-kota dan manfaat yang dapat diberikan oleh mereka), dan kemungkinan Anda tidak akan memiliki prajurit beraroma pretzel yang merobohkan pintu Anda.

Jika permusuhan pecah, Civ 6 telah membagi perbedaan antara 5 satu unit per ubin dan 4 Clash of the Doomstacks untuk mencapai titik tengah yang bahagia. Unit pendukung seperti petugas medis dan Jenderal Besar dapat menempel dan menempati ubin yang sama dengan unit tempur biasa seperti pikeman. Di pertengahan dan akhir permainan, Anda juga mendapatkan kemampuan untuk menggabungkan dua unit tempur menjadi Korps, dan kemudian Anda dapat menambahkan yang ketiga untuk membuat Angkatan Darat, yang merupakan versi yang lebih kuat dari unit itu yang hanya menggunakan satu ubin. Ini menambahkan beberapa lapisan dan taktik baru ke model peperangan yang bisa diprediksi dan berulang di Civ 5.

Baca Juga : Ulasan The Witcher 3

Skor Civ (terbuka di tab baru) menghidupkan semua konflik dan konferensi ini. Tema utama baru Christopher Tin (terbuka di tab baru), ‘Sogno di Volare,’ sama menyapu, menarik, dan indah seperti ‘Baba Yetu.’ Saya memperkirakan itu akan bergabung dengan upaya Civ sebelumnya di jajaran karya musik terbesar yang ditulis untuk videogame, meskipun saya menduga itu tidak akan menghasilkan banyak meme — jika hanya karena lebih sulit untuk meniru paduan suara paduan suara katedral Italia yang melonjak tanpa terdengar seperti burung hantu pekik asma. Keajaiban sebenarnya terjadi melewati layar menu, di mana setiap civ memiliki tema utama yang tumbuh lebih kompleks dan epik seiring kemajuan Anda selama berabad-abad. Inggris, misalnya, dimulai dengan membawakan seruling sederhana, inspirasional, dan agak menghantui dari balada rakyat abad pertengahan Scarborough Fair. Pada Zaman Modern, itu telah meledak menjadi perayaan orkestra dan paduan suara dari semua hal bahasa Inggris yang membuat saya ingin mengarungi kapal baris yang terbuat dari crumpet melalui dinding benteng Spanyol dan melepaskan jas merah untuk melemparkan teh panas ke wajah dari musuh mereka.

Ketika saya memandang rendah semua yang telah saya bangun ketika kolonis Mars saya meledak untuk merebut kemenangan dari Peter dan kroni-kroninya yang tidak diragukan lagi berkumis, setiap ubin mengejutkan saya dengan rasa sejarah. Luasnya metroplex Dehli-Calcutta mencerminkan momen dari jendela gedung pencakar langitnya. Ada tentakel kecil yang saya buat dengan membeli ubin untuk mendapatkan akses ke batu bara. Ada lahan pertanian berusia 3000 tahun yang harus saya buldoser untuk menempatkan keajaiban era industri. Dan tepat di samping tempat pemukim pertama kami bertelur, di kaki puncak yang menjulang tinggi yang telah melindungi kami dari pasukan perampok selama beberapa generasi, adalah hutan pertumbuhan baru yang saya tanam di lokasi bekas pabrik kayu untuk memiliki cukup alam yang tidak terganggu untuk sebuah Taman Nasional. Untuk setiap lembah dan stepa dan oasis, saya dapat memberi tahu Anda mengapa saya mengembangkannya dengan cara yang jauh lebih bermakna daripada “Karena bukit adalah tempat yang baik untuk tambang.” Saat papan membentuk kerajaan saya, dan saya membentuknya, sejarah peradaban saya dan keputusan saya menumpuk dan mengikuti saya sampai ke ambang bintang. Dan itu, lebih dari segalanya, adalah mengapa saya tidak akan pernah membutuhkan game Civ lain dalam hidup saya selain yang satu ini.

Review Kami Tentang Game Ini

Skor 93

Penglihatan, suara, dan sistem selaras untuk menjadikan Civilization 6 sebagai 4X paling hidup, paling mengasyikkan, paling bermanfaat, paling menantang di sudut mana pun di bumi.

By admin