Review Game Total War: Rome 2 – Senat Romawi akan menangisi Crassipes. Mereka akan berbicara dengan bangga tentang bagaimana jenderal besar itu melemparkan dirinya ke tembok Massalia.

Review Game Total War: Rome 2

jpgame – Mereka akan berbicara tentang bagaimana dia membakar gerbang dan merebut alun-alun pusat, dan bagaimana selusin lembing Averni mengakhiri komandonya yang terkenal di Legio I Italica di sana.

Tapi apakah mereka akan membicarakan armada yang jaraknya hampir satu mil yang duduk diam dan menyaksikan pria hebat itu masuk ke dalam buku-buku sejarah? Apakah mereka menyadari bahwa patriot yang mereka puja sengaja dikirim ke kematiannya?

Aku bertanya-tanya apa yang akan mereka lakukan jika mereka tahu bahwa nasib Crassipes dan semua tentara dan pemukiman Roma tidak bergantung pada para dewa, tetapi pada seorang jurnalis permainan berjanggut yang menggerakkan mereka seperti pion di papan permainan yang luas.

Sungguh papan yang indah itu adalah karikatur papier mache Eropa yang rumit, dihiasi dengan landmark, sungai, dan topografi yang berlebihan. Total War telah datang jauh dari peta tipis Shogun, tetapi bentuknya sama.

Baca Juga : Ulasan Game Slot The Phantom Of The Opera Link & Win

Anda harus membimbing negara pilihan Anda menuju kejayaan dengan mengelola kota, melakukan diplomasi, merencanakan spionase, dan menggerakkan pasukan untuk menaklukkan pemukiman baru. Saat pasukan Anda menghadapi perlawanan, Anda terjun ke pertempuran waktu nyata dan memerintahkan pasukan secara pribadi.

Info

  • Pengembang: Creative Assembly
  • Penerbit: Sega
  • Rilis: 3 September 2013
  • Platform: Windows, macOS

Cerita Game

Berbeda dengan kampanye Napoleon dan Shogun 2 yang terfokus dan lebih pendek, Roma 2 membawa Total War kembali ke panggung global untuk kampanye yang besar dan beragam. Ini 272 SM, dan sembilan negara yang dapat dimainkan dan puluhan lainnya, dari Britannia ke ujung utara Afrika, ke Suriah dan suku-suku timur yang menyikut ruang. Roma menetapkan wardognya melawan pengamuk Celtic di barat, Yunani melenturkan otot budayanya untuk mendapatkan dukungan di wilayah tengah. Di timur, Mesir memperbudak negara-negara dengan kereta dan gajah perang yang mengamuk. Ini adalah strategi besar yang paling ambisius, paling tidak karena Rome 2 berkomitmen untuk memberikan pion yang Anda korbankan wajah, suara, dan kepribadian mereka sendiri.

Baca Juga : Ulasan Game Slot Agnes Mission: Wild Lab Dari Foxium

Gameplay

Itu sebabnya aku merasa sedikit bersalah tentang Crassipes yang malang. Jenderal adalah sumber daya vital di Roma 2. Sebelumnya, Anda dapat meningkatkan pasukan kecil yang terdiri dari beberapa pasukan dan seorang pemimpin akan dipilih dari barisan mereka. Sekarang pasukan tidak dapat bergerak sama sekali kecuali mereka memiliki seorang jenderal, dan jumlah jenderal yang dapat Anda miliki dibatasi oleh ukuran kerajaan Anda. Legiun yang mereka pimpin juga merupakan entitas yang gigih yang dapat memperoleh imbuhan ‘tradisi militer’ stat-buffing dari waktu ke waktu. Ini adalah perubahan signifikan yang mempengaruhi segalanya mulai dari bagaimana tentara dibangun hingga bagaimana wilayah beroperasi di peta strategis. Wilayah sekarang dikelompokkan ke dalam ‘provinsi’ yang dapat didorong oleh dekrit peningkatan produksi jika Anda memilikinya sepenuhnya (berguna untuk rekayasa sosial yang cepat dalam menghadapi kekurangan pangan), dan bangunan kota Anda sekarang memiliki efek di seluruh provinsi. Bangun gedung pelatihan militer tingkat tinggi di Roma dan pasukan yang Anda buka dapat direkrut dari mana saja di wilayah Italia. Unit baru sekarang direkrut oleh para jenderal di lapangan, sehingga mereka tidak perlu berjalan jauh dari barak mereka ke medan perang.

Perubahan ini dirancang untuk mengurangi jumlah bagian yang bergerak di papan tanpa mengurangi kompleksitas logistik Total War. Untuk alasan yang sama, peternakan, ranjau, dan bangunan pendukung lainnya sekarang berada di dalam perbatasan kota di mana sebelumnya mereka tersebar di peta kampanye seperti pakan ayam untuk dipatahkan oleh gerombolan musuh kecil. Batas tentara dan target padat mendorong gerakan strategis yang lebih besar. Di mana di Shogun 2 saya mungkin menghabiskan waktu menggunakan pasukan kecil untuk menghancurkan sumber daya suatu wilayah sebelum mengumpulkan mereka lagi untuk merebut wilayah itu, di Roma 2 saya akan membangun pasukan besar dan menggiringnya ke pintu kota besar mereka, dan kemudian kita ‘ll memiliki perjuangan besar untuk memutuskan siapa yang akan menyimpannya.

Tentara juga lebih fleksibel berkat berbagai sikap, yang dapat membuat mereka bergerak sangat cepat dengan ‘pawai paksa’, membuat pos kayu di lokasi mereka dengan ‘membentengi’, atau menyergap di peta strategis. Peta telah dirancang dengan mempertimbangkan kuda-kuda ini, sehingga Anda dapat mendominasi wilayah yang luas dengan penggunaan titik tersedak yang cerdas. Aliansi sekarang juga sangat berharga. Negara-negara sekutu dan klien (yang akan duduk diam dan membayar Anda persepuluhan sebagai ganti nyawa mereka) berkontribusi pada jumlah penyelesaian Anda untuk kondisi kemenangan, dan Anda dapat mengarahkan teman-teman proaktif Anda ke arah yang benar dengan opsi diplomasi baru yang memungkinkan Anda menargetkan pemukiman yang ingin Anda ambil.

Ini adalah perubahan yang sangat baik karena dua alasan. Pertama, antarmuka baru memadatkan semua pekerjaan bangunan Anda ke dalam kotak rapi yang memungkinkan Anda melihat dengan tepat apa yang perlu ditingkatkan di mana, membuat manajemen bangunan jauh lebih cepat dan lebih mudah daripada Total Wars sebelumnya. Kedua, pertempuran yang saya alami di Roma 2 lebih besar dan lebih dramatis daripada yang pernah saya lawan di game Total War sebelumnya di game apa pun, sebenarnya. Ketika dua avatar tentara bertemu, mereka bertarung di peta dan Anda diberi pilihan untuk menyelesaikan pertempuran, bertarung, atau melarikan diri secara otomatis. Jika ada pasukan lain dalam jangkauan bala bantuan, mereka akan bergabung. Beginilah cara saya membawa empat puluh unit pasukan terbaik Roma ke dalam kontes dengan pasukan gabungan Averni dan Helvetii di benteng Galia Bibracte pada tahun 190 SM. Ribuan orang tewas dalam gerimis. Orang-orang Celtic menyerang barisanku tanpa baju, menghadapi lembing Velites yang menyala-nyala dengan semangat yang luar biasa, goyah hanya ketika mereka bertemu dengan legiun veteranku. Roma, seperti dalam kehidupan, sedikit OP.

Pertempuran Game Ini

Pertempuran Roma 2 menakjubkan. Perhatian besar telah dicurahkan untuk membuat pasukan lebih responsif. Jika sebuah unit diserang, mereka akan mengangkat perisai mereka, dan proyektil yang masuk akan mengubahnya menjadi landak kayu. Mereka akan meledak menjadi perayaan gaduh ketika mereka mengalahkan sebuah unit, dan Anda akan melihat kelelahan musuh yang melarikan diri dalam kiprah mereka. Sebuah kamera pertempuran sinematik menempatkan Anda langsung ke dalam huru-hara, di mana Anda akan mendengar orang-orang berteriak satu sama lain dan melihat perbedaan dalam cara unit bertarung. Praetorian menggunakan perisai besar mereka untuk mengangkut orang barbar ke atas dan ke belakang mereka untuk ditikam oleh barisan pendukung. Menyerang anjing, dilepaskan dari pawangnya, mengobrak-abrik perkelahian dengan kecepatan yang menakutkan dan menyeret lawan dengan gigitan terbang ke lengan. Jika Anda menemukan unit eksotis yang Anda sukai, Anda mungkin dapat merekrut mereka sebagai tentara bayaran dengan biaya berkelanjutan yang tinggi. Tentara bayaran adalah satu-satunya pasukan yang dapat Anda sewa di wilayah musuh, tetapi orang Romawi dapat membangun barak tambahan yang memungkinkan Anda merekrut unit faksi lain dengan benar. Ini mencerminkan bagaimana tentara Romawi secara historis menggunakan pasukan asing dan mendorong semacam pariwisata militer. Saya masih dalam pencarian untuk menyatukan gajah dan skirmisher Celtic dalam pasukan yang sama.

Medan perang juga lebih baik. Mereka sangat bervariasi tergantung pada kondisi cuaca dan lokasi, dan ditingkatkan oleh sistem garis pandang baru. Jika pasukan Anda tidak dapat melihat musuh, Anda juga tidak, yang berarti setiap gelombang dapat menyembunyikan unit musuh jika Anda tidak mengintai sedikit. Permainan tebak-tebakan yang dihasilkan membuat bagian barisan pertarungan tetap menarik dan membuat pertarungan terasa lebih cepat. Mesin baru juga memungkinkan untuk kota yang tepat. Ibu kota besar seperti Roma dan Kartago memiliki peta buatan sendiri yang spektakuler, dan ada variasi di dunia yang lebih luas untuk kota-kota daratan dan pesisir, yang juga sangat bervariasi dalam gaya dan struktur tergantung pada asal budaya mereka. Benteng-bukit Celtic berjenjang, formasi bersahaja yang ditampung oleh dinding kayu. Orang Romawi lebih menyukai lembaran batu putih dan benteng menara tradisional. Satu pemukiman di setiap provinsi akan dibentengi dengan tembok dan membutuhkan pengepungan untuk menghancurkannya, yang dapat Anda lakukan dengan peralatan seperti tangga dan kura-kura yang dibangun di lokasi pengepungan.

Dalam mengingat pertempuran, dan momen paling menakjubkan dari lima puluh jam lebih yang saya mainkan sejauh ini, mudah untuk melupakan elemen frustasi Roma 2, di situlah kapal masuk. Perang angkatan laut menghibur. Di mana dulu lamban dan tidak tepat, sekarang hanya tidak tepat, tetapi dalam mode jarak dekat yang lucu. Mereka telah dirancang untuk bermain lebih seperti pertempuran darat, dan mereka melakukannya berkat kapal penyerang yang harus menabrak musuh sampai mati atau menaiki mereka untuk mengalahkan mereka dalam jarak dekat. Ada juga kapal pendukung, yang malah harus mengapung sangat dekat dengan kapal musuh untuk melempar lembing ke arah mereka. Pertempuran laut cenderung menghasilkan gerombolan perahu kayu besar-besaran dan banyak teriakan.

Namun, kemungkinan Anda akan jarang bertarung di laut. AI memang mengangkut pasukan melintasi lautan, dan melakukannya secara efektif, tetapi tampaknya tidak pernah menyerang rute perdagangan atau membangun armada yang sangat besar. Saya sering menjumpai kota-kota yang dikelilingi oleh empat atau lima angkatan laut kecil dengan satu atau dua kapal tanpa melakukan apa-apa. Ada juga masalah dengan pertarungan pertahanan pantai. Untuk pertama kalinya dalam seri ini, pertempuran darat dan laut dapat terjadi di peta yang sama. Perahu yang selamat dari pertempuran laut dapat berlari ke darat dan mengerahkan pasukan langsung ke pertempuran darat dalam adegan yang akan luar biasa jika pasukan terkadang tidak gagal turun, atau hanya berdiri diam di pantai tanpa bergerak selamanya. Saya telah mengalami tiga pertempuran pengepungan pantai utama di mana saya harus duduk kembali, memajukan pertempuran dengan cepat dan membiarkan penghitung waktu 60 menit turun untuk mendapatkan kemenangan pertahanan pengepungan otomatis melawan lawan AI yang membeku. Tingkat keparahan masalah tampaknya sangat bervariasi tergantung pada peta yang Anda lawan. Mengecewakan, ya, tetapi tiga insiden dalam 50 jam masih jauh dari pemecahan permainan.

Lebih buruk lagi adalah kecenderungan AI untuk terus-menerus melemparkan kekuatan kecil ke kota-kota. Ini cenderung terjadi ketika Anda mengalahkan sebuah faksi, dan semua pasukan mini tunawisma mereka dibiarkan berkeliaran di peta tanpa berpikir menyerang sesuatu. Semua kesibukan yang telah diselamatkan dengan memindahkan sumber daya ke kota-kota dibatalkan oleh fenomena tanpa henti ini, yang semakin buruk semakin besar kerajaan Anda. Menjelang akhir saya secara otomatis menyelesaikan empat atau lima serangan yang tidak berguna per giliran, dan karena penyelesaian otomatis sering tidak membunuh unit kecil secara langsung, mereka terus datang kembali. Seiring dengan waktu pemuatan akhir putaran yang sangat lama (yang masing-masing berlangsung lebih dari dua menit di PC rumah saya yang setengah layak), ini sangat memperlambat kemajuan.

Ini hanya sebagian dari mengapa Roma 2 terasa glasial bahkan dibandingkan dengan Empire. Anda tidak akan menyelesaikan kampanye pada hari Minggu sore, atau selama akhir pekan. Memperluas di peta yang begitu besar membutuhkan waktu, dan keseimbangan antara menjaga ketertiban umum di wilayah yang baru saja ditaklukkan dan memulai invasi baru adalah kekhawatiran terus-menerus yang menghentikan saya dari menjalankan slipshod di atas peta. Mengelola keseimbangan bangunan yang benar terkadang terasa lebih seperti pekerjaan admin daripada membangun kerajaan ketika menyulap beberapa wilayah, meskipun saya menemukan bahwa saya memiliki lebih banyak uang daripada yang dapat saya belanjakan setelah saya mengumpulkan cukup banyak pemukiman. Itu berguna untuk mengoles telapak tangan calon sekutu.

Sayangnya, sistem politik domestik yang menjanjikan tetapi buram juga goyah. Sebelum Anda mengambil alih republik, Anda harus berafiliasi dengan pihak domestik. Dari tiga opsi Romawi yang tersedia, saya mengambil alih House of Julia. Setiap jenderal yang Anda pasang adalah milik salah satu rumah Roma, dan kekuatan mereka, tercermin dalam dua statistik gravitas dan ambisi berkontribusi pada pengaruh rumah mereka terhadap senat. Untuk monarki atau masyarakat suku, pengaturannya terbalik, rumah Anda dimulai dengan pengaruh besar dan rumah-rumah lain akan menyerang ketika mereka berpikir Anda semakin lemah. Ini menciptakan ketegangan yang menarik, pada awalnya. Saya mengawasi jenderal saya dengan kecurigaan, dan mempromosikan dan mengusir pesaing sesuai, merencanakan seperti seorang Romawi sejati. Itu sebabnya saya mengirim Crassipes ke Massalia untuk mati. Banyak kemenangannya membuatnya mendapatkan tingkat gravitas Batman dan saya mulai khawatir tentang aspirasinya.

Aku tidak perlu. Pengaruh rumah Anda diukur dalam dukungan senat, dan pengaruh saya merayap sepanjang permainan dengan kecepatan tetap dengan sendirinya. Pada titik yang tampaknya acak (83% dukungan, bagi saya) perang saudara pecah, dan para jenderal terkemuka dari rumah-rumah lain mengambil tentara mereka, mengambil pemukiman dan berbaris ke Roma. Perang saudara adalah tantangan yang menarik dan setelah saya menghancurkan semua simpatisan senat, saya dapat memilih apakah akan tetap menjadi republik atau menjadi penguasa lalim penuh sebagai sebuah kerajaan, tetapi politik domestik yang memicunya tampaknya tidak memerlukan masukan pemain. Saya mencoba untuk mempercepat pergantian Roma dari republik ke kekaisaran dengan mengambil tindakan terhadap rumah-rumah lain, tetapi membunuh anggota mereka mengurangi pengaruh senat saya, tampaknya menghalangi transisi. Setelah banyak, banyak belokan, cara ambisi, gravitasi, dan pengaruh berinteraksi tetap tidak jelas.

Untungnya, Anda dapat mengabaikan sistem dan melanjutkan apa pun, yang berarti Anda bebas menikmati permainan Total War yang lumayan bagus. Saya harus menyebutkan bahwa Anda memerlukan PC yang bagus untuk menjalankannya dengan benar. Milik saya jauh di atas spesifikasi minimum yang dipublikasikan, dan peta kampanye berjalan di sekitar 20 FPS pada pengaturan rendah. Sebaliknya, mesin kantor bertenaga tinggi saya menjalankannya tanpa kesalahan, dan hasilnya adalah pengalaman yang lebih cepat dan lebih menyenangkan. Ada beberapa pertimbangan lain yang tidak dapat dimasukkan ke dalam skor yang masih layak disebutkan. Lagi pula, kami hanya dapat meninjau apa itu game, bukan apa yang bisa terjadi. Akan sangat disayangkan untuk mengabaikan kekuatan komunitas Total War, yang telah memproduksi mod spektakuler untuk seri ini sejak Rome 1. Jika Anda menggunakan mod, maka Rome 2 berfungsi ganda sebagai platform untuk hal-hal yang lebih besar, dan kemungkinan Anda akan mendapatkan hasilnya lebih banyak lagi untuk dinar Anda di tahun-tahun mendatang. Sejarah proaktif Creative Assembly dengan tambalan mungkin memperbaiki beberapa masalah yang disebutkan juga, dan kami akan membahasnya di artikel mendatang jika itu terjadi.

Pendapat Kami Tentang Game Ini

Saat ini, Rome 2 memiliki kekurangannya, tetapi masih merupakan game strategi slow-burn yang mewah dengan beberapa pertempuran darat terbaik dalam seri ini. Secara estetika, ini adalah kemenangan. Manajemen kerajaan, aliansi, UI, dan medan perang semuanya telah ditingkatkan, yang membuatnya sangat frustasi untuk menghadapi floppy AI yang akan sangat akrab bagi penggemar Total War sekarang. Namun, tidak ada yang melakukan apa yang dilakukan Total War dengan tingkat cakupan dan detail ini. Saya masih akan merekomendasikannya kepada jenderal kursi di mana saja.

Skor: 85/100

By admin